Nama : Rio Nicolas Van Demorez N
Kelas : 4IA25
NPM : 56412431
Kelas : 4IA25
NPM : 56412431
Pengertian Business Canvas Model (Model Bisnis Kanvas)
Salah satu perangkat analisis yang bisa
membantu kita menemukan model bisnis yang tepat adalah model bisnis
kanvas. Model bisnis yang satu ini pertama kali diperkenalkan oleh
Alexander Osterwalder dalam bukunya yang berjudul Business Model
Generation. Dalam buku tersebut, Alexander mencoba menjelaskan sebuah
framework sederhana untuk mempresentasikan elemen-elemen penting yang
terdapat dalam sebuah model bisnis.
Dalam salah satu referensi menyebutkan
pengertian Model Bisnis Kanvas adalah sebuah management startegi bisnis
yang memungkinkan kita untuk menggambarkan, mendesain kemudian
mengerucutkan beberapa aspek bisnis menjadi satu startegi bisnis yang
utuh.
Jika dilihat sepintas, sebenarnya alur
model bisnis kanvas nampak cukup sederhana. Secara garis besar, alurnya
mengalir dari satu elemen bisnis menuju elemen penting berikutnya.
Mengenai elemen bisnis apa saja yang menjadi ruh model bisnis kanvas,
akan dijabarkan di bawah ini.
9 Elemen Penting Lahirnya Model Bisnis Kanvas
Sebelum membuat model bisnis kanvas,
kita harus mempelajari 9 elemen penting yang mendukung kemajuan suatu
bisnis. Elemen-elemen tersebut yaitu:
1. Customer Segments
Elemen pertama ini membuat kita harus
menentukan segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis kita.
Misalnya, suatu maskapai penerbangan mengeluarkan 2 produk untuk
memenuhi kebutuhan 2 segmen pelanggan yang berbeda atau ada 2 stasiun
televisi yang menyajikan 2 acara berbeda untuk memenuhi segmen pelanggan
yang berbeda.
2. Value Propositions
Value propositions akan membahas
mengenai manfaat atau benefit apa yang akan didapatkan para pelanggan
jika memilih bisnis kita. Hal ini menjadi kesempatan bagi kita untuk
menjabarkan kekuatan dan keunggulan yang membedakan bisnis kita dengan
bisnis yang lain.
3. Channels
Melalui penggunaan channels yang tepat,
kita baru bisa menyampaikan value propositions kepada customer segments.
Jadi, memikirkan channels juga menjadi salah satu elemen terpenting
bagi keberhasilan bisnis.
4. Revenue Streams
Aliran pendapatan tentu menjadi salah
satu tujuan utama dari sebuah bisnis. Sehingga elemen yang satu ini
harus dikelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan bisnis.
Jangan sampai ada bahan baku, produk atau kinerja yang tidak
dimanfaatkan secara maksimal dan mengakibatkan kerugian pada bisnis.
5. Customer Relationship
Elemen yang kelima membahas bagaimana
jalinan hubungan kita dengan pelanggan. Perlu pengawasan yang ketat dan
intensif agar pelanggan bisnis kita tidak mudah berpaling ke bisnis yang
lain hanya karena jalinan hubungan yang kurang baik.
6. Key Activities
Kegiatan apa yang harus dilakukan untuk
menciptakan value prepositions yang efektif? Hal ini tentu menjadi
pembahasan yang tak kalah penting dalam elemen key activities.
7. Key Resources
Agar bisa mewujukan tujuan bisnis, kita
tentu harus mengelola sumber daya bisnis tersebut semaksimal mungkin.
Semua jenis sumber daya mulai dari pengelolaan bahan baku, penataan SDM
dan penataan proses operasional menjadi perhatian dalam membuat model
bisnis.
8. Key Partnership
Bisnis yang baik tidak hanya mampu
menjalin hubungan dengan para pelanggan saja. Karena hubungan dengan
pihak supplier atau tim pemasaran juga harus diperhatikan. Tak ada
salahnya menjalin hubungan baik untuk menciptakan siklus bisnis sesuai
dengan ekspektasi.
9. Cost Structure
Elemen terakhir yang tak kalah
pentingnya dengan kedelapan elemen lainnya adalah struktur pembiayaan
bisnis. Mengelola biaya secara efisien akan membuat bisnis yang kita
jalankan menjadi lebih hemat dan bisa meminimalkan risiko kerugian.
Dibawah ini merupakan Tugas Kelompok Pengantar Bisnis Informatika, yaitu membuat salah satu The Business Model Canvas "Proposal Model Canvas Bisnis Jaket."
Klik pada gambar, untuk memperbesar.
Gambar Business Canvas Model (Produk Jaket)
Sumber Materi : (https://www.maxmanroe.com/model-bisnis-kanvas-memetakan-alur-bisnis-lebih-simple-dan-efektif.html)
0 komentar:
Posting Komentar