1. Pengertian
Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer berasal dari kata computere
artinya menghitung aritmatika. Komputer secara umu digunakan untuk proses
perhitungan artimatika, tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise
Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada
tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian
menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama
Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika
Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan
mesin hitung.
Komputer berasal dari bahasa
latin yaitu 'computare' yang berarti arti menghitung. Karena luasnya bidang
tentang ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit saling berbeda dalam
mendefinisikan apa itu komputer.
Komputer adalah mesin
penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input secara
digital, lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan didalam
memorinya, dan kemudian menghasilkan output atau keluaran berupa informasi
(McGraw-Hill, 2001).
DEFINISI KOMPUTER MENURUT BEBERAPA PARA AHLI :
Komputer
Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer) :
Komputer
adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai
berikut :
- Menerima input atau masukan
- Memproses input tersebut sesuai dengan programnya
- Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
- Menyediakan output atau keluaran dalam bentuk informasi
Komputer Menurut buku Computer Today (Donlad H. Sanders) :
Komputer
adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat
serta akuran yang telah dirancang dan
diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input atau
masukan, kemudian memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu
langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored
program).
Dari berbagai
banyak pendapat di atas, maka dapat disimpulkan secara umum bahwa komputer
merupakan suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input
dengan menggunakan suatu program yang tersimpan didalam memori komputer,
memberikan output yang berupa informasi dan dapat menyimpan program serta hasil
pengolahan dalam suatu media penyimpanan seperti hardisk, flashdisk atau
penyimpanan lainnya.
2. Sejarah Komputer
Sebelum adanya beberapa
alat elektronik canggih seperti laptop dan iPad, dulu kita menggunakan komputer
untuk alat mengetik, alat berhitung dan melakukan pekerjaan lainnya. Seiring
berkembangnya waktu dan semakin canggih dunia elektronik, komputer pun sudah
semakin berkembang mulai dari design hingga kemampuannya.
Padahal Sejarah Perkembangan
Komputer dulunya
digunakan sebagai alat hitung untuk membantu penghitungan angka-angkat sebelum akhirnya
menjadi perangkat multifungsi seperti saat ini. Mulai dari anak-anak hingga
orang dewasa kini sudah mengerti kegunaan dari komputer, namun mungkin sebagian
besar orang masih belum tahu tentang sejarah komputer hingga perkembangan
komputer itu sendiri.
Maka dari itu, di bawah ini kami
akan memberikan informasi wawasan seputar sejarah dan perkembangan komputer
dari zaman dahulu hingga zaman serba canggih seperti saat ini. Sejak dahulu
manusia memang membutuhkan alat bantu hitung. Mulai dari perbintangan,
perdagangan atau pekerjaan lainnya sangat membutuhkan alat bantu hitung. Dan
menurut para ahli sejarah, alat hitung yang pertama dibuat oleh manusia adalah
Abacus atau Sipoa oleh bangsa China sekitar 25 ribu tahun yang lalu. Hingga
saat ini sipoa masih digunakan, sedangkan bangsa peru dan inca menggunakan
quipus yang berupa tali simpul dan tiap simbulnya melambangkan bilangan
tertentu. Lalu setelah tahun 1642 di Perancis, Blair Pascal menciptakan sebuah
mesin hitung yang hanya dapat diguankan untuk operasi hitung penjumlahan saja
yang disebut Adding Machine, yang kemudian disempurnakan untuk melakukan
operasi matematik yang lainnya pada tahun 1673 oleh Von Leibnitz.
Kemudian muncullah era komputer
elektronik sejak ditemukannya listrik oleh M. Faraday, sehingga berkembang
alat-alat yang menggunakan tenaga listrik termasuk komputer. Rancangan komputer
elektronik pertama kali diciptakan oleh John Atanasoff dari AS pada tahun 1942
dan terus berkembang hingga saat ini.
3. Perkembangan Komputer
Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
·
Menggunakan lampu tabung sebagai
komponen utama
·
Ukuran per unit komputer masih
sangat berat dan besar
·
Cepat panas sehingga membutuhkan
alat pendingin yang banyak
·
Boros listrik
·
Proses relatif masih lambat
·
Ketepatan hasil proses masih rendah
·
Kapasitas data masih kecil
·
Komputer Generasi Kedua (1959-1965)
Komponen
utama penyusun komputer adalah transistor yang lebih unggul segalanya dibanding
tabung hampa namun harga jual murah, serta kelemahan pada generasi pertama
dapat diperbaiki.
Komputer Generasi Ketiga (1965-1970)
Fungsi
transistor digantikan dengan IC (Integrated Circuits) atau rangkaian terpadu.
Dari sekeping IC itu sendiri dapat menggantikan beberapa transistor, diode dan
resistor sekaligus, sehingga dapat berkinerja lebih baik hasilnya daripada
generasi sebelumnya. Meski ukuran lebih kecil, namun kecepatannya makin tinggi,
kapasitas lebih besar dan memungkinkan untuk berkomunikasi antar komputer.
Komputer Generasi Keempat (1970- )
Komponen
utama komputer sudah menggunakan VLSI (Very Large Scale IC) yaitu IC yang
kemampuannya ditingkatkan hingga ratusan bahkan ribuan kali dengan ukuran fisik
yang semakin kecil.
Komputer Generasi Kelima
Saat
ini para pakar komputer merancang dan memikirkan bagaimana membuat komputer
dengan komponen utama, yakni AI (Artificial Intelligence) atau kepandaian
buatan, sehingga dapat menentukan sikap sendiri jika akan menerima data, serta
hendak diapakan data itu adalah atas inisiatif sendiri dan terus berkembang
hingga saat ini.
Dari Sejarah Perkembangan Komputer seperti diatas, kini kita sudah
mengetahui beberapa generasi perkembangan komputer dari awal diciptakan hingga
semakin berkembang kemampuannya sampai saat ini. Meski sudah banyak diciptakan
laptop dan iPad yang mudah untuk dibawa kemana saja, namun kemampuan dan
kecanggihan komputer tidak pernah habis termakan oleh zaman. Semoga ulasan Sejarah Perkembangan Komputer diatas dapat bermanfaat bagi anda.
4. Dampak Negatif dan Positif dari Komputer.
v Dampak Positif dari Komputer dalam bidang Pendidikan.
1. Dengan
adanya komputer memudahkan para guru maupun pegawai sekolah dalam memproses
nilai siswa ,kehadiran siswa, pembayaran sekolah , pembuatan jadwal,dll
2. Mempermudah
siswa dalam mengerjakan tugas menambah pengetahuan dan wawasan semakin luas
3. Inovasi
dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang
semakin memudahkan proses pendidikan
4. Informasi
yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan
5. Selain
berdampak positif , komputer juga bisa berdampak negatif ,seperti;
6. Kemajuan
TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap hak atas
kekayaan intelektual (haki) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan
orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
v Dampak Positif dari Komputer dalam bidang Industri.
1. Proses
produksi menjadi lebih cepat dengan menggunakan teknologi komputer proses
produksi menjadi lebih cepat dibandingkan dengan dikerjaakan secara manual
2. Produktivitas meningkat, mesin –mesin berteknologi komputer mampu
produksi barang dengan kuantitas yang
banyak sekaligus.
3. Mengurangi
resiko kerja. Keselamatan kerja para pekerja pabrik meningkat.karena pekerjaan
yang beresiko dapat dilakukan / di gantikan oleh robot
4. Mengurangi
kesalahan, dengan komputer , perusahaan dapat meminimalkan kesalahan –
kesalahan yang terjadi selama proses produksi karena ketepatan komputer.
v Dampak Positif dari Komputer dalam bidang Kesehatan.
- Ditemukannya mikroskop, sinar-X, antibiotik, obat-obat bius, transplantasi vaksinasi bidang kedokteran dan pengobatan dalam rangka peningkatan kesehatan masyarakat telah maju dengan pesat. Penemuandalam bidang-bidang tersebut telah membebaskan manusia dari bahaya maut, akibat penyebaran wabah penyakit yang mengerikan seperti cacar, typus, malaria, TBC, tumor, kanker, dan lain-lain.
- Ditemukannya alat-alat pengganti organ tubuh manusia yang telah rusak. Misalnya mata (baik mata buatan maupun donor mata), ginjal dan jantung.
- Diketemukannya keahlian dalam bidang operasi plastik, sehingga hidung yang pesek dapat menjadi mancung, dan lain-lain.
- Diketemukannya tata menu makan setiap hari. Dengan diketemukannya cara ini, sebagian besar masyarakat telah mengatur menu makan dengan zatvitamin sehingga dapat memperlambat keausan setiap organ tubuh manusia dengan begitu akan memberi kesempatan untuk lebih lama.
- Diketemukannya peralatan untuk mengolah sampah dan limbah sehingga sampah dan limbah tidak lagi mengganggu kelangsungan hidup manusia
v Dampak Negatif dari Komputer dalam bidang Pendidikan.
1. Anak,
kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang
menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas.
2. Akses
negatif lewat internet
3. Pengaruh
negatif lain bagi anak, adalah kecendrungan munculnya ‘kecanduan’ anak pada
komputer. Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas
menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial.
4. Kecanduan
bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat
aturan bermain komputer. Seharusnya, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan
anak soal waktu bermain komputer.
v Dampak Negatif dari Komputer dalam bidang Industri.
1. Mengurangi
kesempatan kerja,dengan sistem otomsasi industri, semua tugas manusia
digantikan oleh mesin-mesin dan aplikasi komputer
2. Biaya
perawatan dan pemeliharaan mesin dan robot dalam bidang industri relatif mahal
3 Kurangnya
sumber daya manusia yang mampu mengontrol dan menjalankan alat – alat
berteknologi canggih seperti itu
4. Pemborosan
energi ,setia mesin membutuhkan energi untuk bisa beropersasi misalnya energy
listrik atau bahan bakar.
v Dampak Negatif dari Komputer dalam bidang Kesehatan.
Dampak negatif psikologi yang ditimbulkan dari komputer
antara lain :
1. Anti Sosial
Sikap dan perilaku anti sosial terbentuk dari terpaan isi
program dari fitur yang diciptakan dari media ini komputer. Salah satu fitur
yang banyak menghiasi isi software komputer adalah permainan. Baik anak-anak,
remaja sampai orang dewasa menggunakan komputer untuk memainkan permainan
kesukaan mereka masing-masing. Contohnya saja mahasiswa-mahasiswa bermain
permainan olahraga atau perang-perangan seperti counter strike (CS) yang
merupakan permainan dalam komputer.
Berdasarkan penelitian eksperimen dalam buku yang ditulis
Andersen, permainan komputer dengan kandungan kekerasan memiliki tingkat
terpaan kekerasaan yang sama seperti terpaan dalam prgram televisi. Bahkan
sebuah penelitian menyatakan bahwa permainan video (video games) memiliki
kemampuan lebih besar untuk membuat anak-anak menjadi kurang sensitif terhadap
kekerasan dibandingkan televisi atau pun pengalaman kehidupan yang
bersinggungan dengan kekerasan.
2. Computer Anxiety (kecemasan, ketakutan terhadap
komputer)
Ketakutan terhadap komputer ini menerpa hampir sepertiga
populasi pengguna dewasa komputer. Beberapa akibat dari kasus yang paling
menakutkant yang dirasakan terhadap komputer adalah mual-mual, vertigo, dan
keringat yang bercucuran. Penyebab ketakutan mereka ada banyak hal dan salah
satunya karena ketakutan mereka akan mendapatkan bencana dengan menekan kunci
yang salah. Dalam hal ini ketakutan mereka dihubungkan dengan tingkat privasi
yang dapat ditembus karena kesalahan mereka menekan tombol misalnya saja
menekan gambar spam yang ada dalam internet. Penyebab lainnya adalah perasaan
lepas kendali yang dirasakan orang-orang non teknis atau tidak memilki
kemampuan teknis pada komputer ketika dihadapkan pada sistem teknis yang
kompleks dan menyulitkan.
3. Adiksi terhadap internet
Komputer juga dapat membuat kecenderungan adiksi pada
semua orang yang menggunakan komputer. Perasaan ini mendorong orang untuk
terus-menerus menggunakan komputer layaknya orang yang mengidap ketagihan
narkotika. Komputer beserta fitur yang ditawarkannya secara tidak sengaja
membentuk komputer menjadi sperti obat yang harus diminum dan jika tidak
diminum akan menimbulkan rasa sakit tersendiri yang dialami para penggunanya.
Situs-situs yang ada dalam internet dengan jasa dan layanan yang ditararkan
dapat memenuhi kepuasan dan kebutuhan orang yang memakainya.
Sedangkan Efek Negatif terhadap kesehatan manusia yang
ditimbulkan oleh teknologi komputer adalah antara lain :
1. Radiasi Monitor
Mata adalah organ tubuh yang paling mudah mengalami
penyakit akibat kerja, karena terlalu sering memfokuskan bola mata ke layar
monitor. Tampilan layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang panas
seperti warna merah, kuning, ungu, oranye akan lebih mempercepat kelelahan pada
mata.
2. Terganggunya Syaraf
Printer yang menggunakan sistim buble jet kebisingannya
relatif lebihrendah bila dibandingkan dengan printer sistim dot matrix. Saat
ini printer yang paling rendah kebisingannya adalah sistim laser printer.
Kebisingan yang tinggi dapat mempengaruhi syaraf manusia dan hal ini dapat
berakibat pada kelelahan maupun rasa nyeri.
3. Repetitive Strain Injury (RSI)
RSI merupakan sebuah terminologi yang mengacu pada
beberapa variasi keluhan kerangka otot (musculoskeletal). Ini menyangkut keluhan
yang dikenal dengan sakit urat otot. RSI meliputi gangguan lengan atas
berkaitan dengan kerja (Work-Related Upper Limb Disorders) dan luka penggunaan
berlebihan yang berhubungan dengan kerja (Occupational Overuse Injuries).
Tapi kesemuanya itu baik dan buruknya fungsi komputer
tergantung kepada si pemakainya, dan saya yakin bahwa komputer di ciptakan
bukanlah untuk membuat hal yang buruk, tetapi untuk membantu manusia dalam
mempermudah segala bidang pekerjaan.
Referensi :
Judul
|
Buku Pintar Komputer dari Nol
Hingga Mahir
|
No. ISBN
|
9786028833110
|
Penulis
|
J. Com
|
Penerbit
|
Multicom
|
Tanggal terbit
|
Oktober - 2011
|
Jumlah Halaman
|
216
|
Berat Buku
|
-
|
Jenis Cover
|
Soft Cover
|
Dimensi(L x P)
|
-
|
Kategori
|
Pengenalan Komputer
|
Bonus
|
-
|
Text Bahasa
|
Indonesia
|
Lokasi Stok
|
gudang penerbit
|
SINOPSIS BUKU - Buku Pintar
Komputer dari Nol Hingga Mahir
Untuk mempelajari seluk beluk
dunia komputer tentu dibutuhkan referensi yang bisa dijinjing di mana-mana.
Itulah sebabnya, buku ini disebut Buku Pintar Komputer, karena dengan satu
buku, Anda bisa belajar banyak hal. Buku ini dikhususkan untuk pemula yang
benar-benar awan.
Dengan gaya bahasa yang mudah
dipahami, buku ini membedah apa saja software dan hardware yang ada pada
komputer serta laptop. Software terpopuler, yakni Microsoft Office, dikupas
secara lengkap mulai dari MS Word, MS Exel, dan MS PowerPoint. Selanjutnya ,
Anda juga bisa belajar menjelajah dunia lewat internet. Tahap demi tahap
dijelaskan secara gamblang, mulai dari mengenal browser, Chatting, Cara
download, dan instal, korespondensi via email, hingga berkreasi lewat blog.
Tak hanya itu, buku ini juga
menguraikan langkah-langkah bagaimana merawat hardware serta software komputer
dan laptop secara ringkas. Bahkan Anda diberikan tips untuk mempercepat kinerja
Windows. Dijamin, pengguna pemula sekalipun akan mudah menggunakan aplikasi
komputer sekaligus bergaul di dunia maya hanya dengan satu buku
http://www.eswete.com/sejarah-perkembangan-komputer.html
http://pheebles.blogspot.com/2013/08/pengertian-dan-sejarah-komputer.html
http://andyfebruary29.wordpress.com/2012/12/23/dampak-positif-dan-negatif-penggunaan-komputer/
http://www.bukukita.com/Komputer-dan-Internet/Pengenalan-Komputer/96936-Buku-Pintar-Komputer-dari-Nol-Hingga-Mahir.html
0 komentar:
Posting Komentar