1. Definisi Web Science
Apakah yang
dimaksud dengan Web Science? Menurut struktur katanya, Web Science terdiri atas
kata “Web” dan kata “Science”, dimana kedua kata tersebut memiliki arti yang
berbeda. Berikut merupakan penjelasan dari definisi kedua kata tersebut
sehingga dapat membentuk suatu istilah baru yang disebut dengan “Web Science”.
Web atau Website
merupakan suatu halaman informasi yang disediakan melalui jalur Internet,
sehingga web dapat diakses di mana saja selama web tersebut terhubung atau
terkoneksi dengan jaringan internet. Web merupakan alat komunikasi online yang
menggunakan media internet dalam pendistribusian atau penyebarannya. Web
merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi dengan berbagai macam
jenis. Diantaranya berupa data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi,
suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik web tersbut bersifat statis
maupun bersifat dinamis yang akan membentuk suatu rangkaian yang saling terkait
dimana masing-masing rangkaian tersebut dihubungkan dengan jaringan-jaringan
halaman yang disebut dengan hyperlink.
Berikutnya
pengertian tentang Science. Science atau sains sangat erat hubungannya denga
Ilmu Pengetahuan, banyak yang mendefinisikan bahwa sains itu sama dengan Ilmu
Pengetahuan. Namun menurut bahasa, sains adalah aktivitas pemecahan masalah
yang dilakukan oleh manusia yang dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia
sekitar mereka dan keinginan untuk memahami suatu hal atau kejadian tersebut.
Sedangkan yang dimaksud dengan Web Science adalah ilmu
yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat
dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan
sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu
sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang
menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web
tersebut.Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang
komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.
Penemu situs web
adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung
dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika
merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui
informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April
1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan
secara gratis oleh publik.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah
server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus
untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol
HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti
Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).
Jenis Teknologi WEB terdiri dari :
1.
Web 1.0
dikembangkan untuk pengaksesan
informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif . Sifat dari web 1.0
ini adalah read.
2.
Web 2.0
Web 2.0 Menurut Tim O’Reilly, Web
2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri
komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan
merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai
keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah:
Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih
banyak lagi pengguna aplikasi tersebut”. Sifat dari web 2.0 ini adalah read
write. Web 2.0 memiliki karakteristik sebagai berikut :
Web sebagai
platform.
Data sebagai
pengendali utama.
Efek jaringan
diciptakan oleh arsitektur partisipasi.
3. Web 3.0
Konsep Web 3.0 ini dapat
diandaikan sebuah website sebagai sebuah intelektualitas buatan (Artificial
Intelegence) . Aplikasi – aplikasi online dalam website dapat saling
berinteraksi. Teknologi pada Web 3.0.
Beberapa pengamat web mulai
membayangkan konsep web dimasa depan. Beberapa bayangan konsep Web 3.0 antara
lain:
Realisasi
Semantic Web
Evolusi 3D
Web sebagai
Database
Executable
Perbedaan utama dari setiap generasi
adalah pada Web 1.0 masih bersifat read-only, pada Web 2.0 bergerak ke arah
read-write,sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia,
manusia ke mesin, dan mesin ke mesin.
Pre-web adalah era dimana prototype
seperti memex, usenet, gopher dan ftp muncul sebelum kemudian berevolusi
menjadi internet. Internet sendiri adalah tempat dimana web muncul pertama
kalinya ke publik sampai saat ini.
Memex (sebuah singkatan dari
“memori” dan “index”) adalah nama hipotetis proto-hypertext sistem yang
Vannevar Bush jelaskan pada tahun 1945 pada artikel bulanan The Atlantic ” As
We May Think “(AWMT). Bush membayangkan memex sebagai perangkat di mana
individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku mereka, catatan, dan
komunikasi, “mekanis sehingga dapat berkonsultasi dengan melebihi kecepatan dan
fleksibilitas.” The memex akan memberikan “suplemen intim yang diperbesar ke
memori seseorang”. Konsep memex mempengaruhi perkembangan awal hypertext sistem
(akhirnya mengarah ke penciptaan World Wide Web ) dan basis pengetahuan
personal software.
USENET Singkatan dari user network,
merupakan salah satu jaringan tertua yang dilayani oleh internet. Awalnya
didesain pada Duke University ditahun 1979 dan dikembangkan pada Duke University dan North Carolia
University setahun kemudian, tujuan utama dari USENET adalah untuk bertukar
pesan teks (text message) di antara node (komputer yang terhubung pada
jaringan). USENET telah tumbuh untuk mencakup berbagai macam forum dan juga
newsgroup, dalam jumlah puluhan ribu node yang terhubung.
Gopher adalah protokol layer aplikasi
TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen
melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher
disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi
akhirnya gagal mencapai popularitas.
Protokol pengiriman berkas (Bahasa
inggris: File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam
lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer
antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.
FTP merupakan
salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan
hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload)
berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP
merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah
server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang
berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah
klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori,
mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke
server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
Internet (kependekan dari interconnection-networking)
secara harfiah adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling
terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani
miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah
sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP
sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).
Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan
rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
WEB Pada Pertumbuhan Sosial dan Ekonomi
a. Dampak positif teknologi di bidang
sosial
- Perbedaan kepribadian pria dan wanita.
Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai
pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan
perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria
semakin menonjol.
- Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan
ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan
dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri
sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat
melecehkan bangsa-bangsa Asia.
- Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai
aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang
disiplin, tekun dan pekerja keras.
Sementara dampak negatif yang
diberikan terhadap dibidang sosial adalah :
1. Kemerosotan moral di kalangan warga
masyarakat, khususnya di kalangan remaja
dan pelajar.Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada
upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga
masyarakat menjadi “kaya dalam materitetapi miskin dalam rohani”.
2. Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan
remaja semakin meningkat semakin lemahnyakewibawaan tradisi-tradisi yang ada di
masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan
kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakankesatuan
sosial. Akibatnya bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di
kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti
perkelahian, corat-coret,pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
3. Pola interaksi antar manusia yang berubah
kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tanggagolongan menengah ke atas telah
merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkandengan telpon telah
membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar.Program
internet relay chatting (IRC) internet dan e-mail telah membuat orang asyik
dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warnet
memberipeluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran
internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskanwaktunya sendirian dengan
komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC)
anak-anakbisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
b. Dampak teknologi komputer di bidang
ekonomi
Dalam bidang
ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita
rasakan manfaat positifnya antara lain:
1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2. Terjadinya industrialisasi
3. Produktifitas dunia industri semakin
meningkat
4. Persaingan dalam dunia kerja sehingga
menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan
perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja
dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan
jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat.
Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan
tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan
tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
5. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi
mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi
Dalam bidang
ekonomi, kemajuan internet terutama pada aplikasi mesin pencari memudahkan
suatu perusahaan dalam melihat target pasar dari perusahaan tersebut. Selain
itu, teknologi internet juga membawa
suatu perubahan pasar yakni saat ini transaksi penjualan/pembelian tidak hanya
dapat dilaksanakan ketika penjual dan pembeli bertemu secara langsung namun
dalam dunia maya sekalipun. Contoh transaksi jual beli yang biasa kita temukan
di internet seperti Shopping Online, Penjualan tiket pesawat, dll.
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas
dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis
produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang
akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak
perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting.
Web Science dan Metodologi Web Science
Web Science juga berarti
cara-cara atau metode-metode yang digunakan dalam membuat website yang baik
atau dengan kata lain bias di bilang Web Science adalah ilmu pengetahuan yang
sudah dilakukan penelitian dari Web yang muncul melalui desentralisasi sistem
Informasi. Dalam hal ini membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus pada
pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi. Sangat disadari
bahwa World Wide Web atau yang sering disingkat (www) adalah teknologi yang
baru berusia beberapa tahun. Asal-usul dari Web science dapat ditemukan dalam
Penelitian Ilmu Web Science Research Initiative (WSRI) yang didirikan pada
tahun 2006 yang kemudian mengubah namanya pada tahun 2009 menjadi Web Science
Trust.
Proses dari web science sendiri
terdapat beberapa tahapan, seperti yang dipaparkan didalam presentasi Tim
Berners-Lee, berawal dari isu yang beredar atau masalah yang timbul di kalangan
masyarakat sehingga dapat memunculkan berbagai ide manusia yang tentunya dapat
memberikan manfaat bagi masyarakat social. Ide yang didapat kemudian dapat
direalisasikan dalam bentuk teknologi yang kita ciptakan atau dengan
mengembangkan teknologi yang sudah ada sebelumnya.
Setelah ide terealisasi,
tentunya teknologi tersebut akan menimbulkat dampak atau efek mikro dan makro
yang pada akhirnya akan membawa kita pada isu atau masalah baru. Dalam
presentasinya, Tim Berners-Lee memberikan beberapa contoh yaitu proses
terciptanya email dan blog.
Misalnya pada proses
terciptanya sebuah email, berawal dari kebutuhan seseorang untuk berkomunikasi
lebih lagi(Issues), dan dengan melihat kebutuhan serta keadaan yang ada dimana
manusia memiliki masalah dengan jarak dan waktu untuk berkomunikasi, maka
muncullah ide untuk membuat sebuah pesan yang dapat dikirim melalui internet
(Idea), setelah itu dengan mengembangkan teknologi yang ada, terciptalah email
yang menimbulkan dampak makro berupa interconnected academia yang menyebabkan
timbulnya masalah atau issues baru.
Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian
sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan
mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti
atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya
dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan
pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web
dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan
riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan
perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang
mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi
probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan
yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
2. Arsitektur
Web dan Aplikasi Utama
• User generated content, blogs, wikis, folksonomies, social networks
• Semantic Web summary: XML, RDF, OWL, microformats, microdata
• Web security
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan
situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis
dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar
pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada
konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain
arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki
apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.
Sejak web perencanaan isi, desain dan manajemen datang
dalam lingkup metode desain, Vitruvian tradisional tujuan komoditas, keteguhan
dan kesenangan dapat memandu arsitektur situs, seperti yang mereka lakukan
arsitektur fisik dan disiplin desain lainnya. Website arsitektur akan datang
dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat
mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0. Kedua ide menekankan
aspek struktur informasi. Strukturalisme adalah sebuah pendekatan untuk
pengetahuan yang telah dipengaruhi sejumlah disiplin akademis termasuk
estetika, teori kritis dan postmodernisme. Web 2.0, karena melibatkan
user-generated content, mengarahkan perhatian arsitek website untuk aspek-aspek
struktur informasi.
“Website arsitektur” memiliki
potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual
mengatur konten website.”.
Ada tiga standar utama untuk
penerapan web services. Standar-standar ini mendukung pertukaran data berbasis
XML. Tiga standar tersebut meliputi SOAP, WSDL, dan UDDI. Berikut ini akan
dijelaskan secara singkat mengenai standar tersebut.
SOAP (Simple Object Access Protocol)
Suatu bahasa versi bebas dari
protokol RPC (Remote Procedure Caoll) yang berguna untuk proses transaksi
melalui HTTP standar.
WSDL (Web Services Description Language)
Bahasa yang memungkinkan
berbagai dokumen yang dibuat dalam aplikasi yang berbeda dapat berkomunikasi.
UDDI (Universal Description Discovery and Integration)
Semacam direktori global untuk
mengelola web services.
Beberapa aplikasi utamanya :
• http, HTML, Internet, web server, browser, transactions
a. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
Sebuah protokol jaringan
lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi,
kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.
b. HTML (Hyper Text Markup
Language)
Bahasa standar untuk membuat
suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu,
dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web Browser bagaimana untuk
menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti
teks, grafik, animasi, link maupun audio-video.
c. Web browser
Sebuah progam yang dapat
menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita
lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Explorer,
Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll.
d. Internet
Sebuah jaringan komputer yang
terdiri dari berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh dunia mulai
dari sebuah PC, jaringan-jaringan lokal berskala kecil, jaringan-jaringan kelas
menegah, hingga jaringan-jaringan utama yang menjadi tulang punggung internet
seperti NSFnet, NEARnet, SURAnet, dan lain-lain.
• User generated content, blogs, wikis, folksonomies, social networks
a. Wiki
Kumpulan halaman-halaman web
yang dapat diubah oleh semua orang setiap saat. Konsep dan peranti lunak wiki
diciptakan oleh Ward Cunningham.
b. Blog
Singkatan dari Web Log, Blog
itu sendiri adalah sebuah situs yang asal mulaya merupakan catatan harian
online yang dibuat oleh siapa pun, kapan pun, dan di manapun. Jenis Blog / penyedia
Blog local maupun internasional :
Blogger.com, wordpress.com,
Typepad.com, livejournal.com, blogdrive.com, blogsome.com, edublogs.org,
diaryland.com, xanga.com
Pengertian Semantic Web (Web
Semantik) atau Definisi Semantic Web adalah pengembangan dari World Wide Web di mana makna semantik dari informasi di
web didefinisikan, sehingga memungkinkan mesin untuk memprosesnya. Semantic Web
berasal dari World Wide Web Konsorsium
dari Web sebagai media universal data, informasi, dan pertukaran pengetahuan.
Semantic Web terdiri dari seperangkat prinsip-prinsip desain, kelompok kerja
kolaboratif, dan berbagai teknologi. Beberapa elemen dari Semantic Web yang
dinyatakan sebagai calon masa depan dan unsur-unsur lain dari Semantic Web
disajikan dalam spesifikasi formal dimaksudkan untuk memberikan deskripsi
formal konsep, istilah, dan hubungan dalam satu domain tertentu.
Istilah Web Semantik itu sendiri
diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip
web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World
Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan Web Semantik. Web
Semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description
Framework Schema) dan OWL.
XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk
keperluan umum yang disarankan oleh W3C (World Wide Web Consortium) untuk membuat dokumen markup keperluan
pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari
HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak
Internet.
RDF (Resource Description Framework) adalah standar W3C untuk mendeskripsikan Web resources, seperti
title, author, modification date, content, dan copyright information dari Web
page.
OWL (Web Ontology Language) adalah salah satu bentuk
ontology yang memang dirancang dengan tujuan untuk digunakan oleh aplikasi yang
perlu memproses isi informasi ketimbang menampilkan informasi untuk konsumsi
manusia. OWL merupakan rekomendasi W3C (World Wide Web Consortium) dalam
penulisan ontology untuk web untuk web semantic. OWL dituliskan dalam syntax
XML (eXtended Markup Language). Selain XML dalam OWL digunakan juga bahasa XMLS
(XML Schema), RDF (Resource Description Framework) dan RDFS (RDF Schema) dan
OWL itu sendiri.
Microformats adalah salah satu cara menambahkan penandaan sederhana
agar tiap data mudah terbaca oleh manusia seperti peristiwa, rincian kontak
atau lokasi pada halaman web sehingga informasi di dalamnya dapat diekstraksi
oleh perangkat lunak dan diindeks, dicari, disimpan, bertukaran-referensi, atau
dikombinasi. Secara teknis, hal-hal tersebut adalah bagian dari penandaan
semantik yang hanya menggunakan standar "Plain Old Semantic (X)HTML"
(yaitu "POSH") saja dengan nilai "rel" dan satu set
penamaan-kelas yang umum. Mereka digunakan dengan terbuka dan tersedia, bebas
bagi siapa saja.
Microdata adalah Spesifikasi HTML yang berbasisi WHATWG yang
digunakan untuk sarang simentik pada konten di halaman web. Microdata membantu
teknologi seperti mesin pencari dan web crawler lebih memahami informasi apa
yang terkandung dalam halaman web, menyediakan hasil pencarian yang lebih baik.
Microdata adalah upaya untuk menyediakan cara sederhana annotating elemen HTML
dengan tag dapat dibaca oleh mesin daripada pendekatan serupa menggunakan RDFa
dan Microformats.
Web Semantik merujuk kepada
kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami bahasa manusia, bukan hanya
bahasa yang baku dari para penggunanya tetapi juga bahasa yang lebih kompleks,
seperti dalam bahasa percakapan sehingga memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi
dengan mesin. Web Semantik dapat mengolah bahasa dan mengenali homonim,
sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu database.
Suatu tata cara mengamankan
aplikasi web yg dikelola, biasanya yg bertanggung jawab melakukannya adalah
pengelola aplikasi web tsb.
Mengenai masalah yang berkaitan
dengan keamanan di dalam era digital tidak lepas dari 3 prinsip utama yaitu
Confidentiality, Integrity, dan Availability atau lebih dikenal dengan nama
CIA. Sama halnya ketika bergelut dengan keamanan (security) sebuah website,
princip CIA sudah selayaknya dijadikan pedoman yang harus dipahami apabila
ingin website kita lebih aman dan sulit untuk diserang.
CONFIDENTIALITY
Confidentiality memiliki makna
bahwa data-data ataupun informasi-informasi yang berada di dalam sebuah website
hanya dapat di baca atau di akses oleh orang-orang yang memang memiliki
kewenangan untuk mengaksesnya. Dalam era konsep Web 2.0 yang sedang berkembang
beberapa tahun belakangan ini, sangat memungkinkan sebuah website untuk dapat
memiliki lebih dari satu administrator. Contohnya adalah WordPress engine.
INTEGRITY
Integrity memiliki pengertian
data-data yang berada didalam server atau website hanya dapat diubah ataupun di
delete oleh orang yang memiliki kewenangan untuk melakukan hal itu. Sebagai
contoh proses transfer dari server ke client atau sebaliknya (dapat berupa
upload maupun download), ternyata mengubah file yang sedang di transfer
tersebut, hal ini mengindikasikan bahwa sebuah aplikasi website yang sedang
digunakan tidak aman (insecure). Sama halnya jika ada serangan sebuah virus
yang dapat mengubah sebuah file, entah itu mengubah nama ataupun isinya.
AVAILABILITY
Jika confidentiality bermakna hanya
user yang memiliki kewenangan yang dapat melihat data tertentu yang tersimpan
didalam sebuah server atau website, availability memiliki makna bahwa website
harus dapat diakses jika user ingin meggunakannya. Memang terkesan
membingungkan dan tidak berbeda dengan prinsip pertama, namun kedua prinsip ini
sangat jauh berbeda dikarenakan dilihat dari dua sudut pandang yang memang
berbeda.
Availability hanya menekankan
kepada dapat diaksesnya sebuah website. Mengenai siapa yang dapat mengaksesnya
itu telah dicover oleh prinsip confidentiality.
Jika sebuah website dapat diakses
tanpa adanya error, itu berarti website tersebut telah memenuhi prinsip
availability ini. Hal ini memiliki makna bahwa sebuah website haruslah dapat
diakses apabila memang dibutuhkan, dengan kata lain versi yang lebih mudahnya
adalah, website harus available 24 jam 7 minggu (24/7)
3. Pengelolaan
Web
• Institusi: W3C, IETF, ICANN;
• Pemerintahan: Hukum privasi, hukum hak cipta Copyright)
2. Lubang pada Situs Tetangga.
• Kasus pada Syrian Internet Army
• Institusi: W3C, IETF, ICANN;
Walaupun riset tentang internet
diawali dari proyek ARPANET dan berkembang dari kolaborasi penelitian institusi
militer dan pendidikan, namun infrastruktur dan teknologi internet saat ini
bisa dikatakan bukan milik suatu institusi atau perorangan ataupun negara.
Sekarang internet merupakan sebuah enterprise kolaboratif dan kolektif yang
terbuka. Ada sejumlah organisasi atau lembaga yang memiliki pengaruh terhadap
perkembangan internet serta menjadi guide atas perkembangan internet dan web,
diantaranya adalah :
World Wide Web Consortium (W3C)
Awalnya dibentuk dari
Laboratorium Ilmu Komputer MIT oleh Tim Berners-Lee dan Al-Vezza. W3C saat ini
bertangggungjawab terhadap perkembangan dari berbagai protokol dan standar yang
terkait dengan Web. Seperti misalnya standarisasi HTML, XML, XHTML dan CSS diatur
oleh W3C. Saat ini W3C masih dipimpin oleh Berners-Lee. Website W3C dapat
diakses pada URL: http://www.w3c.org
Internet Engineering Task Force (IETF)
Merupakan badan yang
bertanggungjawab terhadap masalah teknis dari perkembangan teknologi internet.
IETF bertugas mengkaji berbagai teknologi terkait untuk kemudian distandarkan
menjadi sebuah request for comment (RFC). IETF fokus pada evolusi dari internet
dan menjamin proses tersebut berjalan dengan smooth.
Internet Architecture Board (IAB)
IAB bertanggung jawab
dalam mendefiniskan backbone internet.
Internet Society (ISOC)
Dibentuk dari berbagai
organisasi, pemerintahan, non-profit, komunitas, akademisi maupun para
professional. Kelompok ini bertanggungjawab dalam membuat kebijakan tentang internet,
dan memantau lembaga lain seperti IETF.
APJII dan PANDI
Dua nama tersebut merupakan
institusi yang mengatur pengelolaan internet untuk wilayah Indonesia. Meraka
adalah APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dan PANDI
(Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).
Bila kita cermati, terdapat 2
(dua) hal pada saat kita membahas hukum atau aturan di bidang internet yakni
infrastruktur dan konten (materi). Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan di
bidang infrastruktur, yakni peraturan hukum tentang telekomunikasi dan
penyiaran serta ketentuan tentang frekuensi radio dan orbit satelit.
Sementara itu pada bagian
konten (materi), pemerintah telah mengeluarkan banyak peraturan yang
berhubungan dengan pemanfaatan internet sebagai media informasi antaralain
tentang perlindungan konsumen, perbankan, asuransi, hak kekayaan intelektuan,
pokok pers, ketentuan pidana perdata (kata kuncinya adalah “informasi”).
Meski berbeda, internet
ternyata “tunduk” pada ketentuan hukum yang sudah ada (di dunia nyata). Tidak
satu ruanganpun di internet yang bebas dari aturan hukum. Kita ambil contoh
setelah terjadinya ledakan bom di JW Marriott dan Ritz Carlton Jakarta. Sejauh
ini, pada awalnya aturan hukum yang mengatur hal tersebut sudah dinyatakan di
dalam UU No. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi, khususnya Pasal 21 yang
menyebutkan, bahwa penyelenggara telekomunikasi dilarang melakukan kegiatan
usaha penyelenggaraan telekomunikasi yang bertentangan dengan kepentingan umum,
kesusilaan, keamanan dan ketertiban umum. Dalam penjelasannya yang tertera pada
UU Telekomunikasi tersebut disebutkan, bahwa penghentian kegiatan usaha
penyelenggaraan telekomunikasi dapat dilakukan oleh pemerintah setelah
diperoleh informasi yang patut diduga dengan kuat dan diyakini bahwa
penyelenggaraan telekomunikasi tersebut melanggar kepentingan umum, kesusilaan,
keamanan , atau ketertiban umum.
Prosedur yang ditempuh oleh
pemerintah dalam pengiriman surat adalah sudah sesuai dengan ketentuan
peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu selain sebelumnya sudah
mengadakan konsultasi dengfan para stake holder, juga sudah mendasarkan pada
berbagai pertimbangan dan tetap selektif serta tidak ada maksud pemerintah
untuk sembarangan melakukan pembatasan untuk memperoleh akses informasi melalui
jasa internet tanpa alasan dan dasar hukum yang jelas, karena terbukti media internet
banyak menunjukkan manfaat yang konstruktif terkecuali penayangan film Fitna
melalui media internet tersebut dan juga penayangan informasi-informasi lain
yang substansinya patut diduga kuat dan diyakini bertentangan dengan
kepentingan umum, keamanan, kesusilaan dan ketertiban umum.
• Prinsip dasar Keamanan WEB
Pengamanan, merupakan sebuah
kata yang mutlak ketika kita mencoba membangun sebuah website. website akan
menjadi percuma ketika dibuat sangat "molek", namun tidak serta merta
memberikan keamanan bagi admin dan penggunanya. Dalam pengamanan dikenal dengan
beberapa tingkat dan tipe. Tingkat dan tipe yang diperlukan untuk aplikasi kita
akan berbeda-beda bergantung bagaimana aplikasi itu bekerja, tipe dan nilai
data yang disimpan, jumlah resiko yang biasa dihadapi, usaha, serta biaya yang
dipakai untuk menghasilkan aplikasi yang aman. Misalnya, pengamanan yang
dibutuhkan untuk web perorangan akan sangat berbeda dibanding untuk situs
perusahaan atau situs e-commerce.
A. Faktor-Faktor Timbulnya Serangan
1. Scripting
Kesalahan dalam scripting
pembuatan web adalah hal terbanyak yang dimanfaatkan oleh para attacker,
sehingga rata-rata web yang berhasil diserang melalui lubang ini.
Kelemahan-kelemahan scripting yang ditemukan pada proses vulnerabilities
scanning misalnya, XSS, SQL Injection, PHP Injection, HTML Injection, dan lain
sebagainya. Begitu pula pada CMS semisal Mambo, Joomla, WordPress, dan lainnya.
Ini merupakan salah satu faktor
yang jarang mendapat perhatian. Sebagian webmaster kadang tidak begitu peduli
ketika web lain yang satu hosting dihacked. Mereka berpikiran, Ah, toh bukan
web saya yang kena. Padahal justru di sinilah letak kesalahannya.
Logikanya, misal web kita
ditempatkan pada perusahaan hosting A.
3. Hosting yang Bermasalah
Pada beberapa kasus justru
tempat hosting yang bermasalah menjadi sebab dihackednya banyak situs yang
berada di bawah pengelolaannya. Pernah terjadi situs milik sebuah perusahaan
dideface. Kemudian setelah diperbaiki, dideface lagi. Kemudian lapor ke admin
perusahaan hosting, justru balik menyalahkan pemilik situs dengan alasan yang
nggak masuk akal. Kenyataannya, justru web hosting itu yang nggak pernah di
administrasi dengan baik, jarang diupdate, dan jarang dipatch, sehingga mudah
terkena serangan.
• Kasus pada Syrian Internet Army
The Syrian Electronic Army
(SEA), atau juga dikenal sebagai Syrian Electronic Soldiers, adalah kumpulan
hacker komputer yang mendukung pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad.
Menggunakan serangan denial of service, perusakan, dan metode lainnya, terutama
menargetkan kelompok oposisi politik dan situs barat, termasuk organisasi
berita dan kelompok hak asasi manusia. Tentara Elektronik Suriah adalah publik
pertama, tentara maya di dunia Arab untuk secara terbuka melancarkan serangan
cyber pada lawan-lawannya, meskipun sifat yang tepat dari hubungan dengan
pemerintah Suriah tidak jelas.
Serangan elektronik (peretasan)
terhadap web site barat dapat menjadi salah satunya dan pembenaran untuk
tindakan balasan ke pihak Suriah. Walau tidak dapat menjadi pembenaran untuk
invasi militer, tapi hal ini dapat membuka front perang cyber secara
besar-besaran, yang mungkin saja akan diakhiri oleh invasi militer.
Hanya saja, perlu diamati
dengan cermat pernyataan para pejabat anggota NATO di media, bahwa mereka
cenderung kompak. Berbeda dengan kondisi tahun 2003, dimana struktur komando
NATO terpecah, karena Perancis dan Jerman menentang invasi ke Irak, hal itu
tidak terjadi pada kasus Suriah.
Jika memang situasi semakin
memanas, bukannya tidak mungkin NATO akan memutuskan invasi militer, seperti
yang terjadi pada kasus Lybia. Di sisi lain, pihak Rusia dan China, sebagai
anggota tetap dewan keamanan PBB, selalu secara tegas menolak setiap ide pihak
barat untuk melakukan invasi militer.
Hanya saja, apakah veto Rusia
dan China bisa mencegah invasi, hal itu adalah tanda tanya besar. Veto mereka
terbukti tidak efektif dalam mencegah invasi Amerika Serikat dan Inggris ke
Irak pada tahun 2003.
Contoh kasus lainya :
• Hacking atau cracking
Tindakan pembobolan data
rahasia suatu institusi, membeli barang lewat internet dengan menggunakan nomor
kartu kredit orang lain tanpa izin (carding) merupakan contoh-contoh dari
tindakan hacking. Orang yang melakukan hacking disebut hacker. Begitu pula
dengan membuka kode program tertentu atau membuat suatu proses agar beberapa
tahap yang harus dilakukan menjadi terlewatkan (contoh: cracking serial number)
apabila dilakukan tanpa izin juga merupakan tindakan yang menyalahi hukum.
• Pembajakan
Mengutip atau menduplikasi
suatu produk, misalkan program komputer, kemudian menggunakan dan menyebarkan
tanpa izin atau lisensi dari pemegang hak cipta merupakan dalam posisi lemah
akan dikenai sanksi dan konsekuensi sesuai hukum yang berlaku.
4. Web Content
Web content adalah isi dari website
yang telah anda buat. Tanpa adanya file-file halaman web dan file pendukung,
maka domain dan hosting yang telah Anda miliki tidak akan menampilkan apa-apa
jika diakses. Ini seperti memiliki rumah baru yang sudah ada alamatnya tapi
belum diisi perabot alias kosong.
Berbeda dengan domain dan hosting yang sangat mudah dimiliki serta tidak membutuhkan skill khusus, konten website membutuhkan penanganan dan skill khusus. Anda harus menyiapkan halaman web beserta file pendukungnya secara terstruktur agar berfungsi dengan baik, lalu menempatkannya di hosting Anda.
• Media dan standar
MEDIA
Media merupakan suatu wadah atau sarana dalam menyampaikan suatu informasi
dari pengirim kepada penerima. Media adalah segala bentuk dan saluran yang
dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi. Asosiasi Teknologi dan
Komunikasi Pendidikan atau Association of Education and Communication
Technology (AECT) membatasi media sebagai saluran yang digunakan orang untuk
menyalurkan pesan atau informasi. Batasan yang lain juga diberikan oleh
Asosiasi pendidikan Nasional atau Education Association (NEA) yang membatasi
media merupakan bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun Audio-Visual
serta peralatannya serta media hendaknya dapat dimanipulasi, dapat didengar,
dilihat dan dibaca.
STANDAR
Standar adalah ketentuan atau karakteristik teknis tentang suatu
kegiatan atau hasil kegiatan, yang dirumuskan dan disepakati bersama oleh
pihak-pihak yang berkepentingan sebagai acuan baku bagi kegiatan dan transaksi
yang mereka lakukan.
jenis-jenis standar :
- Standar
Produk
- Standar
Sistem Manajemen
- Standar Penilaian Kesesuaian
• Bahasa dan keberagaman budaya
Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang digunakan Republik Indonesia
sebuah negara yang luas dengan hamparan pulau-pulau besar dan kecil dalam
tatanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Bahasa Indonesia itu sendiri dalam perjalanannya mengalami beberapa
penyempurnaan pada ejaannya diantaranya :
Ejaan van Ophuijsen
Merupakan ejaan yang didasarkan pada ejaan Bahasa Melayu dengan huruf latin. Ejaan ini disusun pada tahun 1896 oleh Charles Van Ophuijsen dengan bantuan Nawawi Soetan Ma’moer dan Moehammad Taib Soetan Ibrahim, yang resmi diakui pada tahun 1901 oleh pemerintah kolonial.
Ejaan Republik
Ejaan yang juga dikenal dengan nama ejaan Soewandi diresmikan pada tanggal 19 Maret 1947 yang berfungsi untuk menggantikan ejaan terdahulu.
Ejaan Melindo (Melayu Indonesia)
Ejaan yang mulai dikenal pada akhir tahun 1959, namun dikarenakan kondisi politik pada dekade itu maka ejaan ini urung diresmikan.
Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD)
Merupakan ejaan dua bahasa serumpun, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Malaysia. Mulai diresmikan pada tanggal 16 Agustus 1972 berdasarkan Kepres No. 57, Tahun 1972.
B. Keragaman Budaya
Keragaman Budaya adalah macam-macam tingkah laku, ciri, atau kebiasaan yang ada pada masyarakat atau budaya di wilayah tertentu atau dunia dalam arti yang lebih luas.
Wilayah Indonesia yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke
memiliki keragaman budaya yang sangat luar biasa. Setidak nya terdapat 489 suku
bangsa yang terdapat di Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri dari:
1. Aceh (11)
2. Sumatera utara (15)
3. Riau dan Sumatera Barat (11)
4. Sumatera Selatan (29)
5. Bengkulu, Jambi, dan Lampung (16)
6. Jawa (12)
7. Kalimantan Barat (74)
8. Kalimantan Tengah dan Selatan (20)
9. Kalimantan Timur (29)
10. Bali dan Nusa Tenggara Barat (13)
11. Nusa Tenggara Timur (46)
12. Sulawesi Utara (20)
13. Sulawesi Tengah (16)
14. Sulawesi Selatan dan Tenggara (19)
15. Kepulauan Maluku (43)
16. Irian Jaya dan Papua (115)
2. Sumatera utara (15)
3. Riau dan Sumatera Barat (11)
4. Sumatera Selatan (29)
5. Bengkulu, Jambi, dan Lampung (16)
6. Jawa (12)
7. Kalimantan Barat (74)
8. Kalimantan Tengah dan Selatan (20)
9. Kalimantan Timur (29)
10. Bali dan Nusa Tenggara Barat (13)
11. Nusa Tenggara Timur (46)
12. Sulawesi Utara (20)
13. Sulawesi Tengah (16)
14. Sulawesi Selatan dan Tenggara (19)
15. Kepulauan Maluku (43)
16. Irian Jaya dan Papua (115)
Dan menurut catatan The Linguist terdapat 746 bahasa yang tersebar di
wilayah nusantara.
Maka sudah sepatutnya kita berbangga dengan kekayaan dan keragaman budaya bangsa ini serta turut menjaga untuk melestarikannya.
Maka sudah sepatutnya kita berbangga dengan kekayaan dan keragaman budaya bangsa ini serta turut menjaga untuk melestarikannya.
C. Peranan Bahasa Indonesia dalam
Keragaman Budaya
Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari
17.508 pulau dengan kepadatan populasi penduduk yang mencapai 222 juta jiwa
pada kurun waktu 2006 serta kekayaan suku bangsa dan bahasanya yang beragam.
Bahasa Indonesia mempunyai peran yang sangat penting sebagai alat pemersatu bangsa, untuk menghindarkan diri dari rasa saling curiga dan perselisihan antar anak bangsa. Sesuai dengan mottonya yang dikutip dari penggalan Bahasa Jawa Kuno Bhineka Tunggal Ika yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu” dan seperti yang sudah di ikrarkan dalam kongres pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.
Dalam konteks pergaulan Internasional yang menuntut kita untuk mampu
menguasai Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya ada baiknya kita tidak
mengesampingkan Bahasa Indonesia yang merupakan jati diri bangsa kita. Alangkah
baik nya jika kita dapat mempromosikan Bahasa Indonesia kepada Dunia, daripada
hanya diam dan menyaksikan perkembangan Bahasa Asing lain yang semakin pesat.
Karena itu kita sebagai generasi penurus dan warga negara Indonesia yang
baik, dianjurkan untuk lebih mengutamakan penggunaan Bahasa Indonesia khususnya
didalam negeri kita tercinta ini. Semoga Bahasa Indonesia akan selalu berjaya
dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.
Generative
models dan Discriminative models adalah dua model yang secara
general dikenal di dunia pattern recognition. Biasanya setiap metode dapat
dikategorikan ke dalam salah satu atau kedua model tersebut (dalam
kasus hybrid methods). Perbedaan mencolok antara keduanya
adalah, Generative models mengasumsikan bahwapembentukan setiap
pattern di atur oleh set parameters. Di lain pihak, Discriminative
models lebih fokus kepada pembentukan decision boundaries yang
mana akan digunakan sebagai batas pembeda antar patterns. Dalam
prakteknya decision boundaries bisa sangat kompleks, atau sangat
mudah seperti sebuah garis linear. Perlu diketahui bahwa
pembentukan decision boundaries tidak hanya ekslusif ada
di Discriminative models. Generative models juga dapat
membuat decision boundaries.
Retorika berarti mempunyai keinginan untuk berbicara baik secara umum
maupun khusus, yang dapat dilakukan dalam beberapa kelompok untuk mencapai
suatu tujuan tertentu ( misalnya memberikan informasi data atau memberikan
informasi). Oleh karena itu pembicaraan adalah suatu kemampuan khusus manusia.
Untuk menyampaikan jalan pikirannya kepada orang lain.
Aristoteles mendefinisikan retorika sebagai “kemampuan untuk melihat atau
mengidentifikasi dalam keadaan tertentu sarana yang tersedia persuasi.”
Menganalisis retorika berfokus pada “bagaimana” dan “mengapa” persuasi daripada
apa hal-hal tertentu orang katakan atau tulis agar persuasif . Salah satu cara
komponen strategi retoris adalah dengan menggunakan Segitiga Retoris. Model ini
menempatkan ke dalam kerangka umum interaksi antara berbagai aktor dan
perangkat dalam persuasi. Tiga Banding retorik adalah strategi utama yang
digunakan untuk membujuk penonton/audience dan juga perangkat penting untuk
memahami ketika membangun atau mendekonstruksi
argumen. Retorika adalah sebuah seni berkomunikasi efektif dengan
wicara. Retorika merujuk pada suatu teknik pemakaian bahasa sebagai seni, yang
didasarkan pada suatu pengetahuan yang tersusun baik.
Segitiga retoris memungkinkan Anda untuk secara efektif menganalisis teks
yang berbeda sebuah argumen untuk strategi retoris dan perangkat. Model ini
membentuk proses retoris menjadi bagian-bagian dikelola dan berbeda melalui
Segitiga Retoris dan Tiga Banding Retoris:
Segitiga retoris terdiri dari tiga komponen yang hadir dalam setiap proses
persuasif:
- Penulis:
orang yang menghasilkan teks.
- Pemirsa:
orang / orang yang menerima / teks.
- Teks:
pesan yang disampaikan dari penulis untuk penonton
Banding retoris: tiga jalan utama dimana orang dibujuk.
- Logos:
Strategi alasan, logika, atau fakta. Setiap jenis argumen yang
menarik bagi sisi rasional seseorang adalah menarik untuk logo.
- Ethos:
” Karakter” Banding ke etos Strategi kredibilitas, wewenang, atau
menunjukkan penulis kepercayaan, keahlian dan kejujuran dan berusaha untuk
menempatkan penulis dalam cahaya yang lebih positif untuk penonton.
- Pathos: Strategi emosi dan mempengaruhi. Pathos menarik bagi rasa audiens kemarahan, kesedihan, atau kegembiraan.
• Web annotations (Tagging, metadata, Rich Snippets)
Web Annotations merupakan penggabungan dari beberapa
tampilan web seperti :
Tagging adalah kata yang belum
lama dilahirkan. Dahulu sebelum ada tagging, dunia informasi yang ada di
internet berserakan dan tidak tersusun berdasarkan kategorinya.
Hal itu bagaikan, perpustakaan
tanpa ada pengurusnya atau pustakawan. Nah sekarang dengan adanya tagging,
para pengguna internet diminta saling membantu untuk menyusun informasi
berdasarkan kategori, popularitas dan kesukaannya, termasuk juga berita-berita
terkini.
Google pun diam-diam sudah
memasukkan sistem tag, semacam fitur bookmark ke dalam my Search History, hal
ini memungkinkan Anda melakukan tagging dan menaruh komentar ke setiap situs
web yang Anda kunjungi.
Title dan Meta Tag adalah
Tag HTML khusus yang dimasukkan ke dalam halaman Web/blog Anda dan sering tidak
langsung terlihat oleh pengunjung Anda. Tujuan utama Title dan Meta
Tags adalah untuk membantu sebuah mesin pencari, katalog dan mengkategorikan
halaman Web/blog Anda sehingga mereka yang mencari produk atau jasa Anda dapat
menemukan Anda. Ada banyak jenis Meta Tag yang dapat digunakan untuk berbagai
tujuan. Dan seperti yang telah uprian katakan, fokus kita di sini
adalah yang utama / paling umum digunakan dengan Search Engine Optimization
(SEO).
Rich snippet adalah tampilan
hasil pencarian yang di-markup sehingga terlihat lebih menarik. Rich
snippet sama sekali tidak mempengaruhi peringkat, hanya membantu pengguna
Google untuk memilih sebuah hasil dengan informasi yang anda berikan. Rich
snippet ini membuat hasil pencarian untuk blog anda tampak berbeda sehingga
bisa menaikkan tingkat klik yang anda peroleh.
Anda bisa menambahkan rich
snippet pada HTML blog atau website anda untuk membantu Google menghidangkan
informasi tambahan bagi pengunjungnya. Ada 3 tahap yang bisa anda lakukan untuk
membuat Rich Snippet pada blog anda.
#1 Pilih HTML Markup Format Untuk
Rich Snippet Anda
Google menyarankan agar kita
menggunakan microdata. Tapi salah satu dari ketiga format di bawah ini boleh
anda gunakan untuk melakukan markup HTML.
- Microdata
- Microformat
- RDFa
Saya sendiri memang lebih nyaman
menggunakan microdata seperti anjuran dari Google. Tapi teman-teman blogger
nanti bebas memilih metode yang akan digunakan.
#2 Markup HTML Blog Anda
Ada beberapa jenis rich snippets
yang bisa anda pilih sesuai dengan blog anda. Beberapa di antaranya adalah:
- Ulasan/Review ada juga rich snippet dengan foto/gambar profil tanpa daftar google
plus
- Data
Orang
- Data
Produk
- Data
Bisnis dan Organisasi
- Resep
- Peristiwa
- Video,
dan
- Musik
#3 Tes Tampilan Rich Snippet
Jika anda sudah selesai melakukan
markup, silahkan membuka alamat URL Rich
Snippets Testing Tool. Alat ini akan membantu anda untuk melihat hasil yang
akan ditampilkan Google pada hasil pencarian. Anda tinggal memasukkan salah
satu URL dari halaman artikel anda pada kotak URL yang disediakan. Tunggu beberapa
saat untuk melihat hasil rich snippet blog saudara.
Walaupun alat ini sudah
memperlihatkan hasil yang anda inginkan, tapi Google membuat pernyataan bahwa
tidak ada jaminan mereka akan menggunakan data yang anda berikan. Karena Google
tetap mempunyai algoritma yang mandiri untuk membandingkan rich snippets anda
dengan kualitas dari blog itu sendiri.
Sumber :
http://muhammadyusuf-gunadarma.blogspot.com/2013/03/definisi-dan-sejarah-web-science.html
http://postaven.blogspot.com/2013/03/webteknologi-untuk-pertumbuhan-sosial.html
http://andrer17.blogspot.com/2013/03/web-science-metodologi-web-science.html
http://agusharyantoug.blogspot.com/2014/05/pengelolaan-web-web-content.html
http://dhozkiii24.wordpress.com/2013/08/26/penjelasan-web-content-media-standar-generative-model-model-retorika-di-web/
0 komentar:
Posting Komentar