TUGAS SOFTSKILL II
Nama : Rio Nicolas Van Demorez N
NPM : 56412431
Kelas : 3IA25
Isi :
1. Pengaruh kebudayaan dan Teknologi dalam membuat Desain Pemodelan grafis.
Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin
berkembang dan kebudayaan makin lama makin terkikis dengan berkembangnya
berbagai macam teknologi. Namun dengan munclunya ide-ide bahwa kebudayaan harus
tetap eksis ditengah maraknya perkembangan teknologi.
Dalam membuat Design Pemodelan Grafis, tentunya ada
unsur-unsur yang berpengaruh dan sangat membantu desainer dalam membuat sebuah
model grafik. Diantara banyak unsur, ada dua unsur yang sangat berpengaruh,
yaitu, kebudayaan dan teknologi.
ü Kebudayaan
Desainer menggunakan berbagai cara untuk
menyampaikan artinya, dan sering kali memanfaatkan norma-norma budaya bersama,
nilai-nilai, sejarah dan bahasa. Penggunaan simbol atau tokoh heroik dari masa
lalu untuk mendukung atau mewakili sudut pandang atau kualitas tertentu. Selain
itu, kebudayaan yang digunakan dalam desain pemodelan grafis secara tidak
sengaja telah memberitahukan jati diri desainernya. Faktor budaya memberikan
pengaruh luas dan dalam pada Desain pemodelan Grafis, misalnya pengiklan harus
mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya, sub budaya dan kelas sosial
pembeli agar dapat memuaskan keinginan dan perilaku konsumen.
ü Teknologi
Design grafis, seperti disiplin ilmu lainnya,
terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi
bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya,
seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam
bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk
proyek-proyek mereka. Teknologi menyangkut cara-cara atau teknik memproduksi,
memakai, serta memelihara segala peralatan dan perlengkapan. Teknologi muncul
dalam cara-cara manusia mengorganisasikan masyarakat, dalam cara-cara
mengekspresikan rasa keindahan, atau dalam memproduksi hasil-hasil kesenian.
2. Bidang studi yang
berkaitan dengan Desain Pemodelan grafis.
a. Psikologi
Psikologi perilaku dan
kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses
kognitif dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut
yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan
mesin terhadap pengguna manusia.
Pengalaman psikologi
menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini
subjektif dari sistem manusia-komputer.
b. Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada
aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data
antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan
lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari
alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
c. Sosiologi
Sosiologi dalam konteks
ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada
struktur lingkungannya.
d. Antropologi
Antropologi (Ilmu
Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer.
Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di
kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam
aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim
kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
e. Desain Grafik &
Tipografi
Kemampuan estetika dari
desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain
sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan
powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru
yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.
3. Manfaat Desain
Pemodelan grafis dalam berbagai bidang.
a. Budaya
Kita
dapat melihat desain grafik pada bidang budaya. Misalnya seperti pahatan batu
pada candi-candi di Indonesia, desain gambar pada batik.Pada pahatan batu yang
terdapat dicandi biasanya merupakan gambar-gambar tentang kehidupan orang-orang
pada jaman tersebut. Bisa juga dibalik gambar pahatan(relif) tersebut berkisah
tentang sejarah-sejarah.
Sedangkan
batik merupakan seni orang Indonesia dalam hal kerajinan membatik. Gambarnya
saja berbagai macam rupa. Dari gambar binatang dan tanaman sampai akhirnya
sekarang berkembang menjadi gambar bentuk orang, awan, relif, dan banyak gambar
lainnya lagi.
Jadi
dapat disimpulkan bahwa desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna
sebagai penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.
b. Pendidikan
Grafik
komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada
siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan
penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua
materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk
dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar
kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
c. Hiburan
Tidak dapat dipungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan
grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron
sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa
efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
d. Perancangan
Pada
bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model
objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur
bangunan,desain kendaraan dan lainnya. Menggunakan software desain grafis
seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik
dalam perancangan yang akan dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan
menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
e. Kesenian
Kesenian
disini tentu saja kesenian dalam komputer atau computer art yang merupakan
penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.Hasil dapat
berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel
Painter, GIMP.
Sumber
:
http://tugassoftskill3.blogspot.com/2013/09/pemanfaatan-dan-contoh-ilmu-grafik.html
http://zvpopo.blogspot.com/2011/11/manfaat-desain-pemodelan-grafik-untuk.html
http://3anapoe3.wordpress.com/2011/10/09/tugas-softskill-desain-pemodelan-grafik/
0 komentar:
Posting Komentar