Sabtu, 30 April 2016



Nama  : Rio Nicolas Van Demorez N 

Kelas : 4IA25  
 
NPM   : 56412431 


Dosen : M. Achsan Isa Al Ansori

__________________________________________________________________


Ini merupakan Tugas Individu 2 untuk menyempurnakan tugas dari mata kuliah Pemrogramman Jaringan semester 8, mahasiswa dari Universitas Gunadarma.

Saya akan menjelaskan secara singkat 4 program sederhana java, sebelum itu saya akan menjelaskan sedikit apa itu Java?

Java adalah bahasa pemrogramman tingkat tinggi yang berorientasi objek, program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri atas metode-metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya.

Dibawah ini terdapat program java sederhana untuk memanggil nama IP & Nama komputer yang sedang kita gunakan, penjelasannya dapat dilihat dibawah ini :


Nama Program : getIP.java



Output Program 


Pada Output diatas file yang sudah di save kita harus compile dulu class java dengan perintah Javac seperti gambar di atas.

Logika Program

Program ini adalah sebuah program untuk memanggil IP pada komputer kita. Dengan perintah getLocalHost() yang berfungsi sebagai method utama untuk memanggil alamat IP.  Untuk struktur program ini kita harus cermati betul penamaan Class pada program karena jika kita bedakan nama program yang kita save dan penamaan class di dalam struktur program maka akan terjadi error dikarenakan penamaan pada program dan isi program sangat sensitif. jadi kalau class kita tulis getIP maka saat kita save juga harus sama persis entah itu besar kecil nya huruf harus disamakan. 



Nama Program : getName.java 


Output Program


Pada Output diatas file yang sudah di save kita harus compile dulu class java dengan perintah Javac seperti gambar di atas.

Logika Program

Program ini adalah program untuk mengetahui nama komputer dari alamat IP komputer kita sebagai acuan untuk mendapat informasi sistem kita. Dengan mendeklarasikan objek bernama host sebagai alamat IP dengan perintah getLocalHost(), maka untuk pencetakan ke layar monitor, objek tersebut diberi method lainnya yaitu getHostName(); untuk menampilkan nama komputer kita.



Nama Program : IPtoName.java


Output Program


Pada Output diatas file yang sudah di save kita harus compile dulu class java dengan perintah Javac seperti gambar di atas

Logika Program

Program ini prinsip kerja nya yaitu mengambil nama komputer melalui alamat IP yang diketikan oleh user. Dengan menggunakan perintah argumen atau args pada main java. Jadi argumen atau inputan tersebut dimasukan saat program dijalankan. Untuk menjalankan program ini kita harus mengetahui alamat IP komputer nya dulu. Untuk permudah kita panggil getIP agar diberitahui IP kita saat ini. Nah setelah itu kita bisa melihat Nama komputer kita dengan memanggil IP nya saja maka akan diberitahu Nama komputer kita (Lihat Gambar).



Nama Program : NsLookup.java


Output Program


Pada Output diatas file yang sudah di save kita harus compile dulu class java dengan perintah Javac seperti gambar di atas

Logika Program 

Ini Program sebenarnya kebalikan dari Program sebelumnya yaitu IptoName. Prinsip kerjanya sama saja hanya saja di program ini informasi yang diminta itu adalah Nama komputernya untuk bisa mengetahui IP komputer kita. Nah untuk mengetahui Nama komputer kita bisa panggil program “getName” agar kita bisa langsung masukan nama komputer kita kedalam perintah NsLookup (Lihat Gambar).
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!